Perdalam Teknologi AI, Pendidikan Matematika Unikama Datangkan Pakar dari Korea

PendidikanMatematika – Universitas PGRI Kanjuruhan Malang (Unikama) kembali menggelar seminar bertajuk “Innovative Learning Media in Industry 4.0 for Adaptive Learning” yang diselenggarakan oleh Program Studi Pendidikan Matematika Fakultas Sains dan Teknologi.

Acara yang berlangsung di Gedung Abdoel Radjab (7/10) kemarin ini dihadiri oleh mahasiswa, dosen, serta menghadirkan pembicara nasional dan internasional yang ahli di bidangnya.

Salah satu pembicara utama dalam seminar ini adalah Prof. Hyo-Jeong So, seorang pakar teknologi pendidikan dari EWHA Womans University, Korea Selatan.

Prof. Hyo-Jeong So memaparkan tentang penerapan kecerdasan buatan (AI) dalam sistem Adaptive Learning, yang memungkinkan pengajaran lebih personal dan sesuai dengan kebutuhan setiap siswa.

“Dengan demikian, sistem pembelajaran dapat menyesuaikan materi dan metode pengajaran sesuai dengan kemampuan, kecepatan, dan preferensi setiap pelajar.

Hal ini tidak hanya meningkatkan efektivitas pembelajaran, tetapi juga memotivasi siswa dengan memberikan tantangan yang tepat dan dukungan yang mereka butuhkan,” jelas Prof. Hyo-Jeong So.

Seminar kolaborasi Unikama dan pakar korea ini juga menghadirkan Prof. Dr. Cholis Sa’dijah, M.Pd., M.A., akademisi dari Universitas Negeri Malang, yang memberikan wawasan terkait pentingnya media pembelajaran yang inovatif di era digital.

Menurutnya, dengan memanfaatkan teknologi digital, guru dapat menciptakan suasana belajar yang lebih interaktif dan menarik, sehingga mampu meningkatkan hasil belajar siswa.

Sementara itu, dalam sambutannya Dekan Fakultas Sains dan Teknologi Unikama, Prof. Dr. Duran Corebima Aloysius, M.Pd., menyampaikan bahwa seminar ini bertujuan untuk memberikan wawasan kepada mahasiswa. Tentunya mengenai pentingnya inovasi dalam media pembelajaran di era Revolusi Industri 4.0.

“Kami berharap mahasiswa dapat memanfaatkan momen ini untuk menggali ilmu sebanyak-banyaknya, terutama dari narasumber internasional yang hadir dari Korea Selatan. Ini adalah kesempatan yang sangat berharga,” ujar Prof. Duran Corebima. Dengan hadirnya dua narasumber berpengalaman ini, bisa memberikan gambaran komprehensif mengenai peran teknologi dan inovasi media dalam pembelajaran adaptif, yang menjadi kebutuhan utama di era pendidikan modern.

Scroll to Top