Studi Banding ke Unikama, IKIP PGRI Bali Pelajari Informasi tentang Publikasi Jurnal

UNIKAMA – Fakultas Pendidikan Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam (FPMIPA) IKIP PGRI Bali lakukan kunjungan Studi banding (25/09) ke Fakultas Sains dan Teknologi (FST) Universitas Kanjuruhan Malang (Unikama). Kunjungan IKIP PGRI Bali diwakili Dekan FPMIPA, Dr. I Wayan Eka Mahendra, M.Pd., Dosen, dan 59 mahasiswanya dari jurusan Pendidikan Matematika dan Biologi. Rombongan disambut langsung Dekan FST, I Ketut Suastika, M.Si, Dosen Unikama dan beberapa mahasiswa Pendidikan Matematika dan Teknik Informatika. Acara yang bertema “Publikasi Jurnal dan Workshop Laboratorium” ini dibuka langsung Wakil Rektor (Warek) III Dr. Joice Soraya, S.H., M.Hum, di Auditorium Multikultural.

Dalam sambutannya, Warek III Unikama mengatakan bahwa ia sangat mengapresiasi kegiatan ini, bahkan akan senang sekali membagi ilmu kepada Institusi yang juga dinaungi oleh Persatuan Guru Republik Indonesia (PGRI).

“Saya ucapkan selamat datang di Unikama, kampus multikultural.  Kami berharap, semoga kegiatan ini memberikan hal yang bermanfaat baik bagi Unikama maupun IKIP PGRI Bali. Masing-masing Institusi bisa meningkatkan kualitas pendidikan mahasiswa melalui tulisan atau publikasi Jurnal,” ungkapnya.

Sementara itu Dekan FPMIPA IKIP PGRI Dr. I Wayan Eka Mahendra, M.Pd Bali juga menerangkan bahwa IKIP PGRI Bali hampir sama dengan Unikama. Sebelumnya, Unikama pernah melakukan kunjungan ke IKIP PGRI BALI sekitar dua tahun lalu.  “Mayoritas mahasiswa kami juga datang dari Timur sama seperti Unikama. Bahkan mereka juga dengan waktu yang cukup singkat bisa mengerti dan mempelajari Budaya yang ada di Bali,” ungkap Dekan FPMIPA IKIP PGRI Bali.

Dekan FPMIPA IKIP PGRI Bali menambahkan, Yayasan IKIP PGRI Bali menyarankan kepada mahasiswanya untuk melakukan studi banding ke Perguruan Tinggi (PT), di bawah naungan PGRI. Dengan ini akan memberikan dampak positif bagi masing-masing PT khususnya dibawah naungan PGRI.

“Tujuan lain selain silaturahmi, sebenarnya kami ingin melakukan MoU dan memperoleh MoA dari Unikama. Siapa tahu nantinya bisa melakukan pertukaran atau mengundang DosenUnikama sebagai pemateri di seminar yang kami adakan,” tambahnya.

Setelah serangkaian kegiatan dilakukan, mahasiswa IKIP PGRI Bali juga berkesempatan mengunjungi Laboratorium FST. Melalui kegiatan ini diharapkan bisa memberikan dampak positif bagi Unikama dan IKIP PGRI Bali. Selain itu, kedepannya bisa menghasilkan mahasiswa yang berkualitas melalui karya tulis atau publikasi jurnal, tutupnya.