Gali Ide Kreatif Mahasiswa, FST Unikama Gelar Lokakarya PKM

UNIKAMA – Siapkan talenta mahasisiswa dalam Program Kreativitas Mahasiswa (PKM) 2019, Fakultas Sains dan Teknologi (FST) Universitas Kanjuruhan Malang (Unikama) mengadakan acara Lokakarya, (29/11) kemarin.

Kegiatan yang mengangkat tema “Geliat Jitu Sukses Transformasi Talenta Mahasiswa pada Program Kreativitas Mahasiswa” berlangsung di Auditorium Multikultural Unikama. Acara yang diadakan pada 29 November 2019 itu dihadiri kurang lebih 200 mahasiswa FST. Mulai dari Program Studi Pendidikan Matematika, Pendidikan Fisika, hingga Program Studi Teknik Informatika dan Sistem Informasi.

Dalam sambutannya, Dekan FST, Dr. I Ketut Suastika, M.Si. berharap bahwa dengan adanya lokakarya ini mahasiswa FST mampu meningkatkan kemampuannya dalam menulis proposal PKM. Disamping itu dapat memperluas kesempatan mahasiswa FST untuk lolos dalam PKM. Selain wujud Program Kerja Tahunan FST, lokakarya ini merupakan bentuk support dari FST kepada mahasiswa untuk menjadi lebih kreatif dan produktif.

Acara dilanjutkan dengan pemaparan materi dari pemateri pertama Dr. Andi Nu Graha, M.Si. yang merupakan anggota tim seleksi PKM Nasional. Dalam paparannya, ketua Program Magister Managemen ini memberikan wawasan kepada mahasiswa dalam observasi dan pencarian data, membidik fakta pada objek yang diteliti. Selain itu, ia juga memberikan tips dan trik agar memperbesar prosentase lolos PKM serta memberikan teknik format penulisan proposal yang benar.

Pemateri kedua, Kurriawan Budi Pranata, M.Si. menjabarkan teknik jitu dalam menggali ide kreatif dan menganilisis situasi. Disamping itu juga memberikan solusi terhadap permasalahan objek yang diteliti. Harapannya, dengan penggalian ide yang unik dan bermanfaat dapat digunakan sebagai referensi mencari Judul PKM.

Tidak hanya penyampaian materi saja, lokakarya dilanjutkan dengan penyampaian testimoni dari mahasiswa FST yang telah lolos PKM pada tahun sebelumnya. Armando G. Orlando Nguru, mahasiswa Program Studi Matematika sekaligus ketua tim PKM 2018 bersama dengan Sofyan Haidy Saputra, mahasiswa Program Studi Teknik Informatika berhasil mendapat hibah PKM di bidang Penerapan Teknologi. Dengan adanya testimoni ini diharapkan mahasiswa FST lebih bersemangat dalam membuat proposal PKM pada tahun 2019.