Unikama – Universitas Kanjuruhan Malang (Unikama), tak henti melakukan kegiatan yang bisa meningkatkan citra kampus untuk dapat dikenal luas hingga ke tingkat Nasional. Kali ini Senat Mahasiswa Fakultas Sains dan Teknologi (SMF-ST) Unikama, mengadakan Saitechi Competition 2020 dengan rangkaian acara Lomba Video Kreatif dan Lomba Karya Tulis Esai Tingkat Nasional (IKTEN) secara online.

Lomba esai dilaksanakan mulai tanggal 20 Agustus sampai 27 Nopember 2020. Rangkaian lomba dengan proses seleksi, penjurian dan pengumuman final. Lomba ini diseleksi oleh juri, dan 10 besar terbaik yang terpilih akan melakukan presentasi melalui video yang dikirimkan ke panitia.

Kompetisi ini diikuti oleh peserta dengan jumlah kurang lebih 25 Universitas di seluruh Indonesia. Hadiah yang diperebutkan dalam lomba adalah Piagam Penghargaan dan Uang Tunai untuk pembinaan dengan total jutaan rupiah.

Pemenang lomba dalam Saitechi Competition 2020 ini antara lain Juara 1 diraih oleh Muhammad Viki Nisfani Al Azis dari Universitas Singaperbangsa Karawang, Juara 2 oleh Nur Anisah Universitas Lambung Mangkurat Banjarmasin dan Juara ke 3 diraih oleh Teguh Dwi Pramono dari Universitas Kanjuruhan Malang. Sedangkan untuk Best Presentation diraih Nazilatul Hidayah dari Universitas Diponegoro Semarang.

Ketua Pelaksana Saitechi Competition 2020, Muhammad Lutfi Azis menyatakan bahwa tujuan diadakan acara ini adalah agar menumbuhkan generasi muda khususnya mahasiswa untuk berkontribusi melawan covid 19 yang berbasiskan teknologi guna mewujudkan Indonesia emas 2045. “Harapannya generasi muda tetap kreatif, inovatif dan terus berkontribusi menciptakan ide-ide baru walaupun pandemi melanda.” Tandasnya.

Sementara itu Dekan Fakultas Sains dan Teknologi (FST) Dr. I Ketut Suastika, M.Si sangat mengapresiasi kegiatan ini. “Saya sangat mengapresiasi peserta dan panitia, tetap kreatif untuk menciptakan ide-ide beru guna melawan covid.” Tutupnya.

Unikama Gelar Saitechi Competition 2020