Mahasiswa Prodi Teknik Informatika Sabet Lulusan Terbaik Di Gelaran Yudisium Fakultas Sains dan Teknologi Unikama

UNIKAMA – Fakultas Sains dan Teknologi (FST) Universitas PGRI Kanjuruhan Malang (Unikama) gelar yudisium semester genap tahun 2020/2021 melalui aplikasi Zoom dan Live youtube Universitas PGRI Kanjuruhan Malang. Sebanyak 107 mahasiswa dengan rincian 34 mahasiswa dari Program Studi (Prodi) Teknik Informatika, 11 mahasiswa dari Prodi Sistem Informasi, 33 mahasiswa dari Prodi Pendidikan Matematika, dan 29 mahasiswa dari Prodi Pendidikan Fisika.
Dr. I Ketut Suastika, M.Si selaku Dekan FST mengucapkan selamat kepada peserta yudisium. Dengan mengikuti prosesi ini, mahasiswa sudah dinyatakan sah sebagai sarjana.

“Sebagai sarjana anda akan menghadapi tantangan yang kedepannya akan semakin berat. Anda harus bersaing dengan lulusan dari perguruan tinggi lain, untuk mencari kerja. Tetapi saya yakin dengan ilmu yang diperoleh dari Unikama sudah dapat membantu para sarjana untuk bisa bersaing khususnya di dunia kerja, ” ujarnya.

Ia juga berpesan kepada lulusan khususnya untuk Prodi (Program Studi) Sistem Informasi dan Teknik Informatika untuk mengikuti sertifikasi yang sesuai dengan level tujuh. Hal ini tentunya dapat menunjang dan menambah nilai plus untuk bersaing di dunia kerja. Sedangkan untuk Prodi Pendidikan Fisika dan Matematika bisa mengikuti PPG.

“Kalau yang dari Pendidikan ingin bekerja di luar bidang juga bisa. Saya melihat banyak sekali lulusan Prodi Matematika yang bekerja di Bank. Kembali lagi, pelatihan-pelatihan yang Anda ikuti nanti bisa menambah kompetensi anda dan berguna untuk masa depan, ” tambahnya.

Ia berharap, mahasiswa yang sudah lulus bisa tetap berkomunikasi dengan teman-teman dan juga alumni kakak tingkat. Dengan berkomunikasi inilah nantinya selain menjalin silaturahmi, bisa juga bertukar informasi di bidang lowongan kerja. Jadilah lulusan yang bisa berpikir kritis, bisa menyelesaikan masalah dengan baik, menjadi pribadi yang kreatif dan inovatif, serta dapat berkomunikasi dan kolaboratif dengan baik.

“Saya juga berharap lulusan dapat menjaga nama baik Universitas terutama FST, selama ini kami sudah mendapatkan capaian yang luar biasa. Saat ini juga sudah menerapkan kurikulum MBKM (Merdeka Belajar Kampus Merdeka). Baru-baru ini Prodi Fisika juga mendapatkan hibah PKKM (Program Kompetisinya Kampus Merdeka), ini sangat luar biasa. Sekali lagi, tebarkanlah citra baik Universitas di luar sana agar Unikama semakin dikenal orang dengan lulusannya yang baik dan dapat bersaing di dunia kerja, ” tutupnya.

Adapun mahasiswa yang mendapatkan IPK (Indeks Prestasi Komulatif) tinggi di tingkat Prodi antara lain Caca Wilda Andika dari Prodi Teknik Informatika dengan perolehan IPK 3.78, Intan Nurjannah dari Prodi Sistem Informasi dengan perolehan IPK 3.55, Luluk Anisatul Farida dari Prodi Pendidikan Matematika dengan perolehan IPK 3.82, dan Tutut Kumalasari dari Prodi Pendidikan Fisika dengan perolehan IPK 3.76.

Caca Wilda Andika mewakili teman-teman nya juga mengucapkan terimakasih kepada para Dosen yang dengan sabar selalu membimbing mahasiswanya hingga sampai ke tahap ini.

“Berkat bimbingan dari Bapak/Ibu Dosen, saya dan teman-teman bisa sampai ke titik ini. Banyak ilmu yang kami dapatkan, tidak hanya ilmu di bidang akademik saja tetapi juga non-akademik yang nantinya menjadi bekal dalam mencari pekerjaan dan juga saat bekerja. Saya juga mengucapkan terimakasih kepada Unikama yang telah memfasilitasi proses pembelajaran kami. Fasilitas juga sangat memadai mulai dari Wifi gratis sampai Laboratorium yang lengkap, ” tuturnya.

Ia juga memberikan semangat kepada teman-temannya yang masih melakukan proses perkuliahan dan juga mengerjakan skripsi agar tetap semangat. Tidak ada yang tidak mungkin, karena kesuksesan tidak dapat diraih dengan mudah melainkan dari perjuangan yang panjang.

WhatsApp chat