FST – Prestasi kembali ditorehkan mahasiswa Universitas PGRI Kanjuruhan Malang (Unikama). Prestasi kali ini diraih dibidang e-sport pada Piala Gubernur Jatim (Citex 2022 Campus IT Expo). E-sport (Olahraga elektronik) sendiri adalah bidang olahraga baru yang menggunakan game sebagai bidang kompetitif. Menariknya, olahraga ini banyak digemari generasi muda saat ini.

Kesempatan mengikuti kompetisi e-sport pada kejuaraan Piala Gubernur Jatim tidak disia-siakan oleh tim Unikama E-sport Community. Pada kompetisi ini, Unikama mengirim dua tim e-sport sekaligus dan berhasil meraih Juara I dan Juara 2 pada Piala Gubernur Jatim (Citex 2022 Campus IT Expo) yang dilaksanakan di Maspion Square Surabaya.

Jara 1 diraih tim e-sport Alpha (M. Roykhan Maulana dari Prodi Teknik Informatika, Yunior Kurniawan Prodi Teknik Informatika, Muhammad Iqbal Hidayatullah Prodi Teknik Informatika, Ireland Billy Putra Prodi Manajemen dan Dani Kurniawan dari Prodi Sistem Informasi). Juara 2 diraih oleh tim e-sport G (Aleksandro Davinci dari Prodi Manajemen, Imanoel Zeldie Aristharkus Bessi dari Prodi Manajemen, Rizky Bintang Ainnur Dzaky dari Prodi PGSD, Angga Nur Pratama dari Prodi Manajemen dan Virgia Aziz Asisqhi Prodi Pendidikan Matematika).

Prestasi ini merupakan pencapaian tertinggi yang diperoleh tim Unikama E-sport Community, setelah sebelumnya kalah namun berhasil masuk 10 besar di Liga Mahasiswa (Lima) di tingkat nasional. “Ini merupakan pencapaian tertinggi tim e-sport Unikama saat ini, karena selama ini tim e-sport Unikama hanya bertanding internal maupun turnamen tingkat daerah, sebelumnya tim e-sport Unikama pernah mengikuti turnamen antar mahasiswa Indonesia yang bernama Liga Mahasiswa (Lima). Sayangnya tim Unikama tidak lolos ke final hanya lolos 10 besar,” ungkap Rio Ananda Reza selaku Ketua Umum Unikama E-sport Community.

Mahasiswa dari Prodi Teknik Informatika Fakultas Sains dan Teknologi (FST) ini juga mengungkapkan jika persiapan tim Unikama E-sport Community dilakukan sebulan sebelum pertandingan. Ia juga memaparkan kunci sukses pada pertandingan tersebut adalah rutin mengikuti turnamen setiap minggu.

“Untuk persiapan sendiri, Piala Gubernur ini udah satu bulan sebelum pelaksanaan. Kita benar-benar latihan, kunci sukses tim Unikama E-sport lolos dalam Piala Gubernur Jatim ini karena sering mengikuti turnamen setiap minggunya. Hampir setiap minggu kita ada acara mini turnamen di komunitas dari situ kita cari orang-orang yang berbakat dalam game tersebut. Kita bentuk tim dan coba kita terjunkan dibeberapa turnamen. Maka dari itu tim Unikama E-sport lebih banyak turnamen,” jelasnya. Rio juga berharap bahwa tim Unikama E-sport Community terus berjuang untuk membawa nama baik Unikama pada tingkat nasional dan dapat bersaing dengan kampus ternama di Indonesia. “Sebagai Ketua Umum Unikama E-sport Community berharap tim Unikama E-sport terus berjuang untuk membawa nama baik kampus di ajang kejuaraan nasional dan dapat bersaing dengan kampus ternama di Indonesia,” harapnya.

Rutin Ikut Turnamen, Mahasiswa Unikama Sabet Juara Piala Gubernur Jatim