FST – Mahasiaswa Universitas PGRI Kanjuruhan Malang (Unikama) kembali ukir prestasi. Kali ini tim mahasiswa Program Studi Teknik Informatika (TI) Unikama berhasil meraih Juara Favorit pada acara Robot Competition di Politeknik Negeri Bali yang berlangsung sejak 19 April 2023. Tim terdiri dari tiga mahasiswa, M. Ferrari Firmansyah (angkatan 2020), Fatqan Ramadhiansyah (angkatan 2021), dan Muhammad (angkatan 2022).

Kegiatan ini merupakan kompetisi nasional yang diadakan secara rutin setiap tahun oleh Unit Kegiatan Mahasiswa Robotika Politeknik Negeri Bali. Acara ini diikuti oleh berbagai kampus dari seluruh Indonesia. Berbagai lomba yang disajikan, diantaranya dari cabang Line FollowersSumo Bot, dan Inovasi Karya Cipta Teknologi (IKCT).

Ferrari Firmansyah, peserta dari TI Unikama menjelaskan bahwa timnya mengikuti kompetisi pada cabang IKCT, dimana pendaftaran lomba telah dimulai sejak 19 April 2023 hingga 6 Mei 2023 untuk pengumuman peserta yang lolos.

“Proses seleksi IKCT dimulai dengan memilih proposal teknologi yang akan dibuat oleh tim. Dari sekitar 50 peserta, hanya empat tim yang akan maju ke babak final. Alhamdulilah kami lolos dan berhasil meraih juara Favorid,” ungkapnya.

Fatqan Ramadhiansyah menambahkan bahwa mereka mempersiapkan diri dengan menggunakan metode Agile Scrum dalam merancang aplikasi teknologi mereka yang memakan waktu sekitar satu bulan untuk menyelesaikannya.

“Salah satu kendala yang kami hadapi selama kompetisi adalah menemukan produk API yang cocok dengan aplikasi kami agar aplikasi dapat berjalan dengan baik. Namun, melalui proses uji coba dan kesempatan untuk mempresentasikan aplikasi tersebut, kami bersyukur telah meraih Juara 3 dari seluruh tim,” ujarnya. 

Muhammad juga menjelaskan bahwa motivasi mereka adalah untuk membuat orang tua bangga dan tentunya mengharumkan nama kampus. Selain itu, kehadiran orang tua salah satu anggota tim, M. Ferrari Firmansyah, memberikan dukungan yang berarti bagi mereka, tutur mahasiswa semester enam.

Ukir Prestasi, Mahasiswa TI Unikama Sabet Piala Kompetisi Robot Nasional