Sekilas Fakultas

Fakultas Sains dan Teknologi (FST) universitas PGRI Kanjuruhan Malang terbentuk pada tahun 2015 merupakan pemekaran dari Fakultas Teknologi Informatika (FTI) yang sudah ada sebelumnya.  FST Unikama memiliki  beberapa program studi, yakni:

Fakultas Teknologi Informasi Memiliki  5 Program Studi diantaranya :
1. Sistem Informasi
2. Teknik Informatika
3. Pendidikan Matematika
4. Pendidikan Fisika
5. Pendidikan Ilmu Pengetahuan Alam

Perkembangan pesat teknologi informasi, jaringan komputer, internet, dan otomatisasi mesin industri menjadi tantangan baru yang disebut sebagai revolusi keempat. Itu menyebabkan terjadinya disrupsi di berbagai lini kehidupan manusia. Terkait dengan ini, maka FST unikama telah menyesuaikan kurikulumnya di tingkat program studi  masing-masing agar bisa bersaing di era ini.  Pembelajaran yang dilaksanakan juga  memberikan penekanan kompetensi yang diperlukan di abad ke-21 yaitu 4-C, yakni communication, collaboration, critical thinking, dan creativity.

FST Unikama juga siap untuk menyongsong abad 21 yang mengedepankan teknologi digital. FST Unikama dalam setiap lankahnya mengedepankan pengintegrasian sains dan teknologi.

FST Unikama memberikan kesempatan kepada masyarakat untuk  menjadi gamer; mengembangkan  web; menguasai kemampuan AI;interprenour dibidang digital; menjadi guru (baik guru matematika, guru fisika, ataupun guru IPA) yang kreatif, inovatif, produktif, dan mampu mengembangkan media pembelajarn interaktif berbasis teknologi informasi.

Guna mendukung perkuliahan yang berkualitas, FST Unikama didukung dengan sarana yang sangat memadai, seperti:

  1. Laboratoroum Micro Teaching
    Laboratorium yang digunakan untuk  mempersiapkan mahasiswa calon guru untuk menghadapi pekerjaan mengajar dimuka kelas dengan memiliki pengetahuan, ketrampilan, kecakapan dan sikap sebagai guru yang profesonal.
  2. Laboratorium aplikasi
    Laboratorium yang digunakan untuk proses pembelajaran dengan pendekatan praktik dengan  mengunakan aplikasi tertentu, mis, SPSS, Office dan lain sebagainya.
  3. Laboratorium internet
    Laboratorium yang digunakan seluruh mahasiswa dalam mengakses internet.
  4. Laboratorium Multimedia
    Laboratorium  yang menunjang pemahaman mahasiswa untuk membuat produk dalam bidang Animasi, aplikasi 3D serta aplikasi mobile.
  5. Laboratorium Micro Controller & Robotic
    Laboratorium Micro Controller & Roboticdigunakan mahasiswa untuk dapat merancang, merakit hingga memprogram robot sesuai dengan fungsi dari robot.
  6. Laboratorium Jaringan
    Laboratorium yang digunakan mahasiswa untuk praktik intalasi jaringan pada komputer.
  7. Laboratorium Fisika
    Laboratorium fisika digunakan sebagai laboratorium penunjang mata kuliah pada program studi Pendidikan Fisika. Selain itu laboratorium ini memberikan layanan peminjaman alat praktikum untuk peer teaching dan penelitian
  8. Laboratorium Matematika Realistik
    Laboratorium Matematika Realistik digunakan sebagai laboratorium penunjang mata kuliah pada program studi Pendidikan Matematika. Selain itu laboratorium ini memberikan layanan peminjaman media pembelajaran untuk peer teaching dan penelitian
  9. Management Informatics Skill and Improvement Center (MISIC)
WhatsApp chat