FST-Unikama – Program Studi (Prodi) Pendidikan Fisika Universitas PGRI Kanjuruhan Malang (Unikama) sukses menggelar kegiatan Workshop Penulisan Naskah Artikel Jurnal Ilmiah Berstandar Internasional dan Kolaborasi Riset Luar Negeri di Ruang Abdoel Radjab, Sabtu (8/10/2022).

Sedikitnya, 35 peserta yang berasal dari berbagai perguruan tinggi di Kota Malang dan luar Kota Malang.

Kepala Pusat Publikasi dan Penerbitan Unikama mewakili Ketua Direktorat Penelitian dan Pengabdian Masyarakat (DPPM) Unikama Imam Ariffudin, M.Pd. mengatakan, bahwa Unikama telah mendapatkan hibah bantuan pengelolaan dari Kemendikbud pada Jumat (30/08/2022) lalu.

Diaadakan kegiatan ini bertujuan untuk meningkatkan mutu penulisan jurnal ilmiah berstandar internasional serta meningkatkan kolaborasi penelitian berskala internasional.

“Semoga dari perihal tersebut, kolaborasi antara DPPM Unikama, Jurnal Ilmiah Momentum, dan penulis jurnal ilmiah yang tergabung bisa mendorong trend positif untuk meningkatkan kualitas jurnal serta bisa Go Internasional,” tuturnya.

Kegiatan ini, diisi dengan pemaparan materi Penulisan Artikel Ilmiah dan Pengelolaan jurnal bereputasi dari sisi substansi artikel oleh Dr. Parmin, M.Pd. selaku Editor-in-Chief Jurnal Scopus Q2 JPII UNNES.

Dalam materi tersebut, Parmin menjelaskan bagaimana sebuah jurnal ilmiah dapat di terbitkan sesuai dengan ketentuan. Menurutnya, dalam penulisan jurnal, yang perlu diperhatikan adalah kualitas dari substansi artikel yang ditulis.

“Pertama adalah melihat topik yang ditulis sudah umum atau belum. Kedua adalah perlunya referensi yang kuat mengenai topik yang akan ditulis dan konsistensi analisis selama penulisan. Ketiga, buatlah hasil penelitian anda semenarik mungkin. Terakhir yang tidak kalah pentingnya adalah sitasi dari peneliti terdahulu,” bebernya. Lebih lanjut, ia menjabarkan langkah-langkah menulis jurnal yang berstandar internasional. Diantaranya, yakni menganalisa topik dalam skala internasional, melihat kualitas jurnal internasional, konsistensi dalam penulisan, hingga kejelasan isi jurnal yang akan ditulis.

Materi terakhir dilanjutkan oleh Erfan Rohadi, ST., M.Eng., Ph.D. selaku Kepala Penelitian dan Pengabdian Kepada Masyarakat Politeknik Negeri Malang (Polinema). Dalam pemaparannya, ia membahas mengenai kerjasama penelitian dengan penulis dari negara lain. “Perlu di ingat bahwa setiap penulis ataupun jurnal di luar negeri itu memiliki karakter yang berbeda,” tegasnya.

Prodi Pendidikan Fisika Unikama Sukses Gelar Workshop Internasional