Diadakannya pelatihan ini agar siswa dapat menghasilkan lukisan-lukisan geometri dengan cepat dan teliti, bahkan yang rumit. Dengan adanya fasilitas animasi dan gerakan-gerakan manipulasi yang dapat memberikan pengalaman visual dalam memahami konsep geometri. Siswa dapat memanfaatkan sebagai bahan balikan atau evaluasi untuk memastikan bahwa lukisan geometri yang telah dibuat memang benar. Selain itu mempermudah untuk menyelidiki atau menunjukkan sifat-sifat yang berlaku pada suatu objek geometri, tutur Nur Farida.

“Namun dalam proses pelatihan tim kami menemukan beberapa masalah, diantaranya sarana dan prasarana computer beberapa ada yang kurang memadai dan rusak, terkendala juga pada jaringan internet yang kurang mendukung. Sehingga program aplikasi geogebra tidak dapat terinstall secara maksimal pada computer yang tersedia. Oleh karena itu, sarana dan prasarana yang diperlukan dalam kegiatan pelatihan ini sangat perlu diperhatikan”, ungkap ketua tim.

Kegiatan pelatihan ini diawali dengan memberikan penjelasan tengtang aplikasi Geogebra oleh Dr. Rahaju, S.Pd., M.Pd. dan dilanjutkan Nur Farida, S.Pd., M.Pd. Keduanya menjelaskan tentang apa itu aplikasi Geogebra, manfaat, dan kemudahan yang diperoleh setelah mempelajari aplikasi Geogebra.

Menariknya, siswa terlihat sangat antusias dalam belajar dan mencoba untuk mengaplikasikan bentuk-bentuk geometri bangun bidang datar dan ruang menggunakan aplikasi Geogebra. Terlihat mereka berusaha mencoba menggambar berbagai bentuk lain menggunakan aplikasi tersebut.

Tak hanya itu, siswa dapat memahami manfaat lain dari penggunaan aplikasi Geogebra dalam membentuk bangun-bangun geometri yang lainnya, tutupnya.

KEMBANGKAN KEMAMPUAN MATEMATIKA, TIM PENGABDI UNIKAMA AJARI  SISWA SMP GEOGEBRA