Pacu Mahasiswa dalam SDGs, FST Unikama Gelar Lomba Essay Nasional

UNIKAMA – Guna kembangkan ilmu di bidang Teknologi untuk Sustainable Development Goals (SDGs) Mahasiswa Fakultas Sains dan Teknologi (FST) Universitas Kanjuruhan Malang (Unikama) gelar lomba karya tulis Essay Nasional “SAITECHI COMPETITION” Sabtu (05/10). Bertempat di ruang Auditorium Multikultural, Kegiatan ini dihadiri oleh Wakil Wali Kota Malang, Camat Sukun, Dekan dan Dosen FST Unikama. Beberapa Perguruan Tinggi (PT) baik Negeri maupun Swasta mengikuti lomba ini antara lain Universitas Brawijaya (UB), Universitas Negeri Malang (UM), Institut Pertanian Bogor (IPB), Universitas Muhammadiyah Malang (UMM), Universitas Muhammadiyah Yogyakarta (UMY), Universitas Airlangga (Unair), Institut Teknologi Surabaya (ITS), Universitas Mataram Lombok (Unram), dan Universitas Negeri Yogyakarta (UNY). Dalam kegiatan ini dibuka langsung oleh Wakil Wali Kota Malang Ir. H. Sofyan Edi Jarwoko yang ditandai dengan pemukulan gong.

“Saya sangat mengapresiasi kegiatan yang memberikan dampak positif seperti ini. Apalagi untuk generasi penerus bangsa. Semangatnya yang harus selalu kita pacu untuk turut ikut dalam pembangunan berkelanjutan dan memberikan inovasi-inovasi baru di masa depan. Jika banyak sekali Sumber Daya Manusia (SDM) yang berkualitas maka bangsa kita ini akan membantu mewujudkan kemajuan bangsa,” ungkap Wakil Wali Kota Malang Ir. H. Sofyan Edi Jarwoko

Ia juga menambahkan bahwa sekarang ini kita semua sedang menghadapi era revolusi industri 4.0 yang akan mengubah pola kehidupan masyarakat. Terlebih saat ini pembangunan diarahkan untuk mewujudkan SDGs yang mengangkat 169 target masalah diantaranya kemiskinan, kelaparan, kesehatan dan kesejahteraan, memberikan pendidikan berkualitas, mempromosikan kesetaraan gender, menyediakan air bersih, mempromosikan energi yang terjangkau, menyediakan pekerjaan yang layak, dan meningkatkan pertumbuhan ekonomi, inovasi serta infrastruktur, mengembangkan kota dan komunitas yang berkelanjutan. “Itu semua kita jadikan satu dengan visi mewujudkan Malang Bermartabat, 169 persoalan yang ada ditengah masyarakat itu kalau clear ya bermartabat. Salah satu cara yaitu dengan memperbaiki taraf kualitas pendidikan, dimana Universitas menjadi tonggak utama atau sebagai pilar utama dari seluruh proses pendidikan tinggi,” jelasnya

Senada dengan Wakil Wali Kota Malang, Wakil Rektor III Dr. Joice Soraya, S.H., M.Hum juga mengapresiasi kegiatan positif ini. “Saya juga tidak pernah menyangka kalau ternyata atensi dari para peserta sangat besar. Saya ucapkan selamat untuk rekan dan seluruh tim dari FST yang sukses meyelenggarakan kegiatan ini. FST memang selalu unggul, setiap UKM di Unikama ini kebanyakan didominasi oleh mahasiswa FST. Keberhasilan dan Prestasi hanyalah bonus, kami sangat menghargai dan mengapresiasi proses. Karena didalam proses tersebut merupakan usaha untuk mencapai keberhasilan,” paparnya.

Sedangkan Dekan FST Unikama Dr. I Ketut Suastika, M.Si menyampaikan  bahwa ini merupakan kegiatan rutin yang dilakukan setiap tahunnya. “Kegiatan ini sudah berlangsung untuk yang ketiga kalinya. Hari ini adalah final lomba karya tulis Essay Nasional Saitechi Competetion 2019. Ada banyak sekali yang mendaftar, dan setelah diseleksi tersisa 20 Tim. Mahasiswa yang mengikuti lomba ini berasal dari Fakultas Sains dan Teknologi dari Perguruan Tinggi masing-masing,” tuturnya.

Ada beberapa kriteria untuk penilaian peserta yakni, kesesuaian dengan tema yang ditentukan, kedalaman tulisan dan pembahasan yang menarik dari para peserta. Ada 4 Kategori pemenang. Juara satu diraih oleh mahasiswa Unram dan mendapatkan uang sebesar 1,5 juta, Juara 2 diraih oleh mahasiswa UNY dan mendapatkan uang 1 juta, sedangkan Juara 3 diraih oleh mahasiswa UB dan mendapatkan uang 750 ribu. Selain mendapatkan hadiah berupa uang mereka juga mendapatkan trophy dan piagam.